Istana Air Taman Sari Yogyakarta

Istana Air Taman Sari Yogyakarta
Mengunjungi Yogyakarta berarti berada di kota wisata yang kaya sejarah. Salah satu cagar budaya di Yogyakarta yaitu Taman Sari. Taman Sari merupakan situs bekas kebun istana Keraton Yogyakarta. Dahulu, cagar budaya ini dipergunakan sebagai tempat rekreasi keluarga kerajaan dan sebagai benteng pertahanan. Taman Sari Yogyakarta dibangun oleh Raja Mataram yang bernama Sultan Hamengku Buwono I tahun 1758-1765.

Pintu Masuk Taman Sari Yogyakarta
Dahulu, Taman Sari Yogyakarta menjadi tempat untuk bersenang-senang Sang Raja beserta keluarganya. Ratu dan para selir beserta putri raja menghabiskan waktu di tempat ini untuk berenang di pemandian. Oleh karena itu Taman Sari sering disebut Istana Air (Water Castle). Istana Air Taman Sari Yogyakarta mempunyai dua pintu gerbang utama, yaitu Gapuro Agung (bagian Barat) dan Gapuro Panggung (bagian Timur) , yang saat ini digunakan sebagai pintu masuk utama ke lokasi kompleks Taman Sari. Bentuk pintu gerbang atau 'Gapuro'nya sangatlah indah yang merupakan gaya asli Jawa, pada detail dari Gapuro ini merupakan motif asli Jawa seperti stilasi dari sulur-sulur tanaman, burung, ekor dan sayap burung garuda. Nilai arsitektur dan keunikan bangunan ini menjadi hal yang perlu dilestarikan. Walaupun kondisinya saat ini berbeda saat Taman Sari Yogyakarta dibuat, tetapi bangunan masih tetap terjaga simbol keunikan dan artistik yang indah. Bangunan yang masih terjaga sampai saat ini yaitu Sumur Gemuling, Gedhong Gapura Hageng (di dekat pintu masuk), Umbul Pasiraman (kolam-kolam ketika pertama kali masuk) dan Gedhong Gapura Panggung (kolam yan terdapat bangunan kembar). Bangunan yang lebih menarik di Taman Sari Yogyakarta yaitu masjid bawah tanah.

Masjid Bawah Tanah Taman Sari Yogyakarta
Bangunan Cagar Budaya Taman Sari Yogyakarta terletak di Jalan Taman sekitar 10 menit dari Keraton Yogyakarta. Harga tiket masuk cukup terjangkau yaitu Rp 5000,-. Taman Sari dapat Anda tempuh dengan kendaraan pribadi atau becak.

Taman Sari Yogyakarta
Tidak perlu panjang lebar lagi, segera kunjungi Taman Sari Yogyakarta. Anda pasti akan terkesan dengan keindahan yang ada di dalam setiap bangunannya. Jika bingung atau butuh bantuan untuk wisata di Jogja, silahkan langsung hubungi kami disini. Call center 082138373973 atau 085643493191. Follow juga twitter kami di @carentaljogja (Mobil Wisata Jogja) atau @JogjaMotorent (Sewa Motor Jogja). Semoga postingan wisata Istana Air Taman Sari Yogyakarta ini bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "Istana Air Taman Sari Yogyakarta"

Posting Komentar